ABSTRAK
Abdillah, Rifai. 2011. Upaya
Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Bebas Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Pemanfaatan
Media Kartu Kata Pada Siswa Kelas VIII MTs. Sunan Giri Kabupaten Pasuruan Tahun Pelajaran 2010/2011
Kata Kunci : media,
kartu kata, keterampilan, menulis puisi
Menulis
merupakan salah satu keterampilan dalam berbahasa. Melalui keterampilan menulis
siswa dapat mengkomunikasikan gagasan, penghayatan dan pengalamannya ke dalam
bentuk tulisan. Keterampilan menulis tidak akan datang secara otomatis. Akan
tetapi, keterampilam itu akan datang melalui latihan dan praktek yang banyak
dan teratur.
Menulis
adalah kemampuan seseorang untuk mengungkapakan ide, pikiran, pengetahuan,
ilmu, dan pengalaman-pengalaman hidupnya dalam bahasa tulis yang runtut, enak
dibaca, dan dapat dipahami oleh pembaca. Akhadiah (2002:2) mengungkapkan bahwa
menulis berarti mengorganisasikan ide secara sistematis serta mengungkapkannya
secara tersurat. Menulis
Puisi adalah kegiatan imajinatif yang dialami penulis berdasarkan
pengalaman-pengalamannya, baik dari diri sendiri maupun dari orang lain. Puisi
terdiri dua unsur yaitu unsur fisik dan unsur batin. Unsur fisik puisi meliputi
(a) diksi, (b) citraan, (c) kata-kata konkret, (d) bahasa kias/ majas/ symbol,
dan (e) rima dan irama, sedangkan
unsur batin puisi terdiri dari
(a) rasa, (b) nada, (c) amanat, dan (d) tema.
Penggunaan media kartu kata sebagai media
pembelajaran dapat merangsang anak untuk berperan aktif, membangkitkan motivasi
belajar dan membantu mempermudah siswa dalam menulis puisi. Kartu kata dalam penelitian ini adalah kartu yang berisi kata-kata atau
kelompok kata dengan urutan tertentu sehingga membantu siswa mengembangkan
gagasan hingga tercipta sebuah puisi.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VIII MTs. Sunan Giri Kecamatan Wonorejo
Kabupaten Pasuruan Tahun
Pelajaran 2010/2011 yang
berjumlah 34 siswa yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan.
Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan
Agustus 2011.
Keterampilan menulis puisi terbukti meningkat
dari kondisi awal, siklus I, Siklus II, dan tes akhir dengan hasil sebagai berikut: (1) nilai
rata-rata hasil belajar siswa yang dicapai
yaitu di siklus I = 70, siklus II = 72, dan tes akhir = 76, (2) pada siklus I yang mencapai nilai
ketuntasan minimal ada 27 atau mencapai 79%,
pada siklus II siswa yang mencapai nilai ketuntasan minimal ada 29 atau
mencapai 85%, dan pada tes akhir siswa yang mencapai ketuntasan minimal ada 32
atau mencapai 94%, (3) penggunaan kartu kata sebagai media pembelajaran
berdampak positif meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran menulis puisi.
Saran-saran yang muncul dalam penelitian ini adalah (a) dalam
pembelajaran menulis kreatif terutama menulis puisi hendaknya siswa diajak
untuk mengetahui dan memahami secara
luas tentang puisi dan unsur-unsurnya, dan (b) dalam pembelajaran puisi
diperlukan media yang dapat memotivasi dan mengembangkan keterampilan menulis
puisi siswa.
Untuk File Lengkapnya.... Monggo diklik!!!
Untuk File Lengkapnya.... Monggo diklik!!!
No comments:
Post a Comment