ABSTRAK
|
Kata Kunci: membaca scanning, media Buku telepon dan Kamus
Guru yang profesional harus memiliki
sejumlah kompetensi. Kompetensi yang dimaksud adalah sebagai berikut, yaitu:
“kompetensi professional” artinya memiliki pengetahuan yang kuat, “kompetensi
personal” artinya memiliki sikap kepribadian yang mantap, “kompetensi sosial”
artinya menunjukkan kemampuan berkomunikasi sosial baik dengan murid-muridnya
maupun dengan sesama rekan guru dan kepala sekolah bahkan dengan masyarakat
luas, serta “kemampuan untuk memberikan pelayanan.
Dalam pelaksanaan pembelajaran
seringkali guru dihadapkan dengan berbagai permasalahan. Masalah yang paling
utama adalah masalah pembelajaran, dimana perolehan hasil belajar siswa di
akhir pembelajaran tidak sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah
direncanakan di awal pembelajaran.
Membaca adalah suatu
proses yang kompleks
dan rumit. Kegiatan membaca meliputi tiga keterampilan dasar yaitu recording, decoding, dan meaning. Membaca
scanning ialah membaca sangat cepat, Membaca cepat artinya membaca yang mengutamakan
kecepatan dengan tidak mengabaikan
pemahamannya.
Subyek
penelitian adalah siswa-siswi Kelas VIII SMTs. Sunan Giri Kabupaten Pasuruan yang berjumlah 31 siswa dengan perincian 16 laki-laki dan
15 perempuan. Waktu
pelaksanaan penelitian dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2012/2013
dimulai tanggal 1 September 2012 sampai dengan 14 September 2012.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu
(a) Cara meningkatkan kemampuan membaca scanning siswa Kelas VIII MTs. Sunan Giri melalui
penggunaan media Buku telepon dan Kamus adalah menerapkan langkah-langkah
membaca scanning dengan memberikan batasan waktu yang relatif singkat untuk
menemukan sejumlah informasi yang ditanyakan; dan (b) Kemampuan membaca scanning
siswa Kelas VIII MTs. Sunan Giri dengan
penggunaan media Buku telepon dan Kamus mengalami peningkatan. Pada siklus I prosentase ketuntasan
belajar siswa 38,71% dengan nilai rata-rata kelas 65,65 sedangkan pada siklus II meningkat
lagi menjadi 93,55% dengan nilai rata-rata kelas 83,71.
Saran yang ada dalam penelitian ini
ialah (a) proses pelaksanaan pembelajaran tidak boleh terpaku hanya menggunakan
buku sumber yang disediakan disekolah saja, tetapi harus senantiasa menggunakan
media-media yang ada disekitar siswa, (b) Pemanfaatan media pembelajaran yang
ada di sekitar siswa dapat menumbuhkan motivasi dan gairah belajar siswa karena
media pembelajaran memiliki banyak fungsi, sehingga proses belajar-mengajar
lebih efektif yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Untuk File Lengkapnya.... Monggo diklik!!!
No comments:
Post a Comment