Wahana Cinta untuk Berbagi Ilmu dan Karangan Hasil Penelitian atau Studi Kasus Masalah-Masalah dalam Pembahasan Makalah, Artikel, Skripsi, Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS)

Sunday 10 April 2016

PTK Bahasa Indonesia Meningkatkan Keaktifan Mapel Indonesia Melalui Penggunaan Metode CTL siswa SD

ABSTRAK

 Abdillah, M. Rifa’i. 2011.  Penggunaan CTL Untuk Meningkatkan Keaktifan Mata Pelajaran Bahasa              Indonesia Pada Siswa Kelas V Semester  II di SDN Sunan Giri Kecamatan Rejoso Kabupaten              Pasuruan Tahun Pelajaran 2010/2011

Kata Kunci : Contextual Teaching and Learning (CTL), keaktifan belajar

            Reformasi pembelajaran merupakan perubahan cara guru dalam memilih stra-tegi dan metode pembelajaran yang sesuai dengan tingkat kemampuan siswa. Pelak-sanaan pembelajaran selama ini lebih banyak dilakukan di kelas, akibatnya siswa tidak bersentuhan dengan dunia nyata atau lingkungan. Guru sangat fasih berbicara tentang konsep tetapi tidak mengaitkan langsung dengan kehidupan sehari-hari maupun lingkungan belajar siswa.
Guru kurang menyadari bahwa pemahaman dari konsep yang diberikan memerlukan gambaran-gambaran bagi siswa yang sebenarnya ada di sekeliling siswa atau pengalaman dari siswa itu sendiri. Oleh karena itu, metode CTL dianggap pantas dalam penelitian ini.
Menurut Wina Sanjaya (2007:255) bahwa “CTL (Contextual Teaching and Learning)” adalah suatu strategi pembelajaran yang menekankan kepada proses keterlibatan siswa secara penuh untuk dapat menemukan materi yang dipelajari dan menghubungkannya dengan situasi kehidupan nyata sehingga mendorong siswa untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan mereka. Menurut Poerwodarminto (1982:26) “Aktivitas” adalah suatu kegiatan atau kesibukan. Dalam proses pembelajaran keaktifan peserta didik merupakan hal yang sangat penting dan perlu diperhatikan agar dapat memperoleh hasil yang maksimal.
Tempat penelitian ini bertempat di kelas V semester II SDN Sunan Giri Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan Tahun Pelajaran 2010/2011 dengan jumlah siswa sebanyak 33 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret 2011 semester genap Tahun Pelajaran 2010/2011 pada kompetensi dasar tentang mengidentifikasi unsur cerita.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulakan sebagai berikut : (a) dengan menggunakan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan keaktifan belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas V semester II SDN Sunan Giri Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan Tahun Pelajaran 2010/2011, dan (b) dengan menggunakan Contextual Teaching and Learning (CTL) siswa kelas V semester II SDN Sunan Giri Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan Tahun Pelajaran 2010/2011 dapat mengaitkan masalah yang dihadapi dengan lingkungan kehidupan sehari-hari.

Saran-saran dari penelitian ini yaitu (a) kepada guru Sekolah Dasar agar mempertimbangkan pemberian materi pembelajaran dengan mengenalkan kepada siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran. Salah satunya adalah strategi pembelajaran yang digunakan adalah strategi CTL, (b) kepada guru mengajarkan mata pelajaran Bahasa Indonesia, hendaknya selalu mempunyai kreativitas dalam menggunakan strategi belajar yang diberikan kepada siswa, dan (c) hendaknya guru dapat meningkatkan kualitas berdasarkan pada pengembangan kurikulum sekolah agar tidak terpaku dengan cara-cara konvensional yang mapan, namun perlu disesuaikan dengan perubahan.


Bagi yang berminat dengan Filenya,  Monggo Dipenyet Nggih...

No comments: