ABSTRAK
Abdillah, M. Rifa’i. 2011. Penggunaan CTL Untuk Meningkatkan Keaktifan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas V Semester II
di SDN Sunan
Giri Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan Tahun Pelajaran 2010/2011
Kata Kunci : Contextual Teaching and Learning (CTL),
keaktifan belajar
Reformasi
pembelajaran merupakan perubahan cara guru dalam memilih stra-tegi dan metode
pembelajaran yang sesuai dengan tingkat kemampuan siswa. Pelak-sanaan
pembelajaran selama ini lebih banyak dilakukan di kelas, akibatnya siswa tidak
bersentuhan dengan dunia nyata atau lingkungan. Guru sangat fasih berbicara
tentang konsep tetapi tidak mengaitkan langsung dengan kehidupan sehari-hari
maupun lingkungan belajar siswa.
Guru kurang menyadari bahwa pemahaman dari konsep yang diberikan memerlukan gambaran-gambaran bagi siswa yang sebenarnya ada di sekeliling siswa atau pengalaman dari siswa itu sendiri. Oleh karena itu, metode CTL dianggap pantas dalam penelitian ini.
Guru kurang menyadari bahwa pemahaman dari konsep yang diberikan memerlukan gambaran-gambaran bagi siswa yang sebenarnya ada di sekeliling siswa atau pengalaman dari siswa itu sendiri. Oleh karena itu, metode CTL dianggap pantas dalam penelitian ini.
Menurut Wina Sanjaya (2007:255) bahwa
“CTL (Contextual Teaching and Learning)” adalah suatu strategi
pembelajaran yang menekankan kepada proses keterlibatan siswa secara penuh
untuk dapat menemukan materi yang dipelajari dan menghubungkannya dengan
situasi kehidupan nyata sehingga mendorong siswa untuk dapat menerapkannya
dalam kehidupan mereka. Menurut Poerwodarminto (1982:26) “Aktivitas” adalah
suatu kegiatan atau kesibukan. Dalam proses pembelajaran keaktifan peserta
didik merupakan hal yang sangat penting dan perlu diperhatikan agar dapat
memperoleh hasil yang maksimal.
Tempat penelitian ini bertempat di kelas
V semester II SDN Sunan
Giri Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan Tahun
Pelajaran 2010/2011 dengan jumlah siswa sebanyak 33 orang siswa. Penelitian ini
dilaksanakan pada bulan Maret 2011 semester genap Tahun Pelajaran 2010/2011 pada
kompetensi dasar tentang mengidentifikasi unsur cerita.
Dari hasil
penelitian ini dapat disimpulakan sebagai berikut : (a) dengan menggunakan Contextual
Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan keaktifan belajar mata
pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas V semester II SDN Sunan Giri Kecamatan Rejoso
Kabupaten Pasuruan Tahun Pelajaran 2010/2011,
dan (b) dengan menggunakan Contextual Teaching and Learning (CTL) siswa
kelas V semester II SDN Sunan
Giri Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan Tahun
Pelajaran 2010/2011 dapat mengaitkan masalah yang dihadapi dengan lingkungan
kehidupan sehari-hari.
Saran-saran dari
penelitian ini yaitu (a) kepada guru Sekolah Dasar agar mempertimbangkan
pemberian materi pembelajaran dengan mengenalkan kepada siswa dengan
menggunakan strategi pembelajaran. Salah satunya adalah strategi pembelajaran
yang digunakan adalah strategi CTL, (b) kepada guru mengajarkan mata pelajaran
Bahasa Indonesia, hendaknya selalu mempunyai kreativitas dalam menggunakan
strategi belajar yang diberikan kepada siswa, dan (c) hendaknya guru dapat
meningkatkan kualitas berdasarkan pada pengembangan kurikulum sekolah agar
tidak terpaku dengan cara-cara konvensional yang mapan, namun perlu disesuaikan
dengan perubahan.
Bagi yang berminat dengan Filenya, Monggo Dipenyet Nggih...
Bagi yang berminat dengan Filenya, Monggo Dipenyet Nggih...
No comments:
Post a Comment