Wahana Cinta untuk Berbagi Ilmu dan Karangan Hasil Penelitian atau Studi Kasus Masalah-Masalah dalam Pembahasan Makalah, Artikel, Skripsi, Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS)

Tuesday 12 April 2016

PTK Bahasa Indonesia Penerapan Metode Bermain Peran dengan Media TV Kelas VI SD

ABSTRAK

Abdillah, M. Rifa’i. 2013. Penerapan Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Kemampuan Memahami Isi Berita dari Televisi Pada Siswa Kelas VI B UPT SDN Sunan Giri Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan Tahun Pelajaran 2012/2013

Kata Kunci: bermain peran, isi berita televisi

Dalam proses pemerolehan ilmu pengetahuan, beberapa faktor penting perlu diperhatikan salah satunya adalah proses pembelajaran. Sebenarnya pendidikan tidak boleh mengesampingkan proses belajar dan tidak semata-mata berusaha mencapai hasil belajar. Bahasa Indonesia merupakan bahasa pengantar dalam setiap pelajaran yang disampaikan.
Pembelajaran bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik untuk berkomunikasi dengan baik dan benar serta menumbuhkan apresiasi terhadap hasil karya sastra.
Dalam memahami suatu pelajaran, siswa memerlukan cara khusus agar pembelajaran tersebut mudah dipahami. Begitu pula untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami isi berita televisi, perlu cara khusus untuk dapat memahami dengan mudah dan menyenangkan. Metode pembelajaran yang digunakan dalam mengatasi hal ini adalah penggunaan metode bermain peran.
Berita diartikan sebagai cerita atau keterangan mengenai kejadian atau peristiwa yang hangat, laporan, pemberitahuan dan pengumuman. Metode bermain peran adalah suatu cara penguasaan bahan-bahan pelajaran melalui pengembangan imajinasi dan penghayatan yang dilakukan siswa dengan memerankannya sebagai tokoh.
Subjek penelitian yaitu siswa kelas VI B UPT SDN Sunan Giri Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan berjumlah 29 orang yang terdiri dari siswa laki-laki 19 orang dan siswa perempuan 10 orang. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2012/2013.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah (a) Penerapan metode bermain peran dalam memahami isi berita dari televisi pada siswa kelas VI B dapat meningkatkan aktifitas siswa yang sangat signifikan dengan perolehan nilai rata-rata keaktifan siswa pada tiap siklusnya, yaitu siklus I = 32,75%, siklus II = 67,25%, dan siklus III = 96,55%, dan (b) Metode bermain peran dapat meningkatkan kemampuan memahami isi berita dari televisi dengan peningkatan rata-rata hasil belajar siswa pada tiap siklus, yaitu siklus I = 56,91; siklus II = 59,11; dan siklus III = 82,38. Jika dilihat dari ketuntasan hasil belajar, maka dapat dilihat bahwa siklus I sebanyak 9 siswa atau 31,03 %; siklus II meningkat menjadi 17 siswa atau 58.62%; dan siklus III terdapat 28 siswa atau 96,55%.
          Saran penelitian ini adalah metode ini cocok digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia khususnya dan mata pelajaran lain umumnya. Guru dapat mengadakan penelitian tindakan kelas lanjutan dengan menerapkan penggunaan metode pembelajaran bermain peran oleh guru pada mata pelajaran lain.


Bagi yang berminat dengan Filenya,  Monggo Dipenyet Nggih...

No comments: