ABSTRAK
Abdillah, M. Rifa’i. 2011. Upaya Peningkatan Keterampilan Menulis Melalui Media Gambar Mata Pelajaran
Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas Iii
Sdn Sunan Giri Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan
Kata kunci : keterampilan menulis, media gambar
Bahasa Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran yang mempunyai
peranan yang penting dalam dunia pendidikan. Menulis merupakan bagian yang
tidak terpisahkan dalam seluruh proses belajar mata pelajaran bahasa Indonesia
selama di sekolah. Pembelajaran keterampilan menulis pada jenjang Sekolah Dasar
merupakan landasan untuk jenjang yang lebih tinggi nantinya. Tujuan yang
diharapkan dalam pembelajaran menulis adalah agar siswa mampu mengungkapkan
gagasan, pendapat, dan pengetahuan secara tertulis serta memiliki kegemaran
menulis (Depdikbud, 1994).
Media pembelajaran merupakan wahana penyalur atau wadah
pesan pembelajaran. Media pembelajaran mempunyai peranan yang sangat penting
dalam proses belajar mengajar. Disamping dapat menarik perhatian siswa, media
pembelajaran juga dapat menyampaikan pesan yang ingin disampaikan dalam setiap
mata pelajaran.
Menulis berarti menyampaikan
pikiran, perasaan, atau pertimbangan melalui tulisan. Alatnya adalah bahasa
yang terdiri atas kata, frasa, klausa, kalimat, paragraf, dan wacana. Pikiran
yang disampaikan kepada orang lain harus dinyatakan dengan kata yang mendukung
makna secara tepat dan sesuai dengan apa yang ingin dinyatakan.
Media merupakan wahana
penyalur informasi belajar atau
penyalur pesan. Dalam pembelajaran kehadiran media mempunyai arti yang cukup
penting. Media gambar merupakan media visual. Dengan penggunaan media gambar
sangat penting untuk menimbulkan perhatian dan merangsang pemikiran siswa.
Gambar pada dasarnya membantu mendorong para siswa dan dapat membangkitkan
minatnya pada pelajaran.
Penelitian ini
dilaksanakan di kelas III SDN Sunan Giri Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan mata pelajaran Bahasa
Indonesia semester genap Tahun Pelajaran 2010/2011. Subyek yang diteliti adalah siswa kelas III yang berjumlah 32 siswa yang terdiri dari 21
laki-laki dan 11 perempuan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret s.d.
April 2011.
Kesimpulan yang didapat dari penelitian
ini ialah : (a) Pelaksanaan peningkatan keterampilan
menulis bahasa Indonesia dengan media gambar secara kreatif dan inovatif
ternyata dapat menarik minat siswa; dan (b) Peningkatan keterampilan menulis
bahasa Indonesia melalui media gambar mengalami peningkatan pada tiap siklusnya
: pra siklus sebesar 11 siswa atau (34,37%), siklus I 18 siswa atau (56,25%),
dan siklus II sebesar 30 siswa atau (93,75%).
Adapun
saran yang disampaikan peneliti dalam penelitian ini, yaitu: (a) Bimbingan
belajar bagi siswa hendaknya dilakukan sampai siswa benar-benar mengerti dan
paham; dan (b) Hendaknya dalam setiap pembelajaran guru menggunakan
metode/pendekatan yang bervariatif dan media yang inovatif agar hasil belajar
siswa semakin meningkat.
Bagi yang berminat dengan Filenya, Monggo Dipites Nggih...
Bagi yang berminat dengan Filenya, Monggo Dipites Nggih...
No comments:
Post a Comment