Wahana Cinta untuk Berbagi Ilmu dan Karangan Hasil Penelitian atau Studi Kasus Masalah-Masalah dalam Pembahasan Makalah, Artikel, Skripsi, Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS)

Saturday 9 April 2016

PTK Bahasa Indonesia Peningkatan Keterampilan Menulis Melalui Media Gambar Kelas III SD

ABSTRAK


Abdillah, M. Rifa’i. 2011. Upaya Peningkatan Keterampilan Menulis Melalui Media Gambar Mata               Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas Iii Sdn Sunan Giri Kecamatan Rejoso                         Kabupaten Pasuruan

Kata kunci       :  keterampilan menulis, media gambar

Bahasa Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran yang mempunyai peranan yang penting dalam dunia pendidikan. Menulis merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam seluruh proses belajar mata pelajaran bahasa Indonesia selama di sekolah. Pembelajaran keterampilan menulis pada jenjang Sekolah Dasar merupakan landasan untuk jenjang yang lebih tinggi nantinya. Tujuan yang diharapkan dalam pembelajaran menulis adalah agar siswa mampu mengungkapkan gagasan, pendapat, dan pengetahuan secara tertulis serta memiliki kegemaran menulis (Depdikbud, 1994).
Media pembelajaran merupakan wahana penyalur atau wadah pesan pembelajaran. Media pembelajaran mempunyai peranan yang sangat penting dalam proses belajar mengajar. Disamping dapat menarik perhatian siswa, media pembelajaran juga dapat menyampaikan pesan yang ingin disampaikan dalam setiap mata pelajaran.
Menulis berarti menyampaikan pikiran, perasaan, atau pertimbangan melalui tulisan. Alatnya adalah bahasa yang terdiri atas kata, frasa, klausa, kalimat, paragraf, dan wacana. Pikiran yang disampaikan kepada orang lain harus dinyatakan dengan kata yang mendukung makna secara tepat dan sesuai dengan apa yang ingin dinyatakan.
Media merupakan wahana penyalur informasi belajar atau penyalur pesan. Dalam pembelajaran kehadiran media mempunyai arti yang cukup penting. Media gambar merupakan media visual. Dengan penggunaan media gambar sangat penting untuk menimbulkan perhatian dan merangsang pemikiran siswa. Gambar pada dasarnya membantu mendorong para siswa dan dapat membangkitkan minatnya pada pelajaran.
Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SDN Sunan Giri Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan mata pelajaran Bahasa Indonesia semester genap Tahun Pelajaran 2010/2011. Subyek yang diteliti adalah siswa kelas III yang  berjumlah 32 siswa yang terdiri dari 21 laki-laki dan 11 perempuan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret s.d. April 2011. 
Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini ialah : (a) Pelaksanaan peningkatan keterampilan menulis bahasa Indonesia dengan media gambar secara kreatif dan inovatif ternyata dapat menarik minat siswa; dan (b) Peningkatan keterampilan menulis bahasa Indonesia melalui media gambar mengalami peningkatan pada tiap siklusnya : pra siklus sebesar 11 siswa atau (34,37%), siklus I 18 siswa atau (56,25%), dan siklus II sebesar 30 siswa atau (93,75%).

Adapun saran yang disampaikan peneliti dalam penelitian ini, yaitu: (a) Bimbingan belajar bagi siswa hendaknya dilakukan sampai siswa benar-benar mengerti dan paham; dan (b) Hendaknya dalam setiap pembelajaran guru menggunakan metode/pendekatan yang bervariatif dan media yang inovatif agar hasil belajar siswa semakin meningkat.

Bagi yang berminat dengan Filenya,  Monggo Dipites Nggih...

No comments: