Wahana Cinta untuk Berbagi Ilmu dan Karangan Hasil Penelitian atau Studi Kasus Masalah-Masalah dalam Pembahasan Makalah, Artikel, Skripsi, Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS)

Friday 8 April 2016

PTK Bahasa Indonesia Menumbuhkan Minat Membaca Siswa Kelas I SD

ABSTRAK

Abdillah, M. Rifa’i. 2009. Peningkatkan Keterampilan Bahasa Indonesia Dengan Menumbuhkan Minat Membaca Siswa Kelas I SDN Sunan Giri Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan Tahun Pelajaran 2009/2010

Kata-kata Kunci : peningkatan motivasi, minat, membaca

Berdasarkan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar tingkat SD/ MI dan Peraturan Mentri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk satuan pendidikan dasar bahwa standar kompetensi bahasa Indonesia merupakan kualifikasi kemampuan minimal peserta didik/ siswa yang menggambarkan penguasaan pengetahuan, keterampilan berbahasa, dan sikap positif terhadap bahasa dan sastra Indonesia. Pembelajaran Bahasa Indonesia meliputi 4 aspek: (1) mendengarkan, (2) berbicara, (3) membaca, dan (4) menulis.
Dalam kajian penelitian ini dikhususkan pada kagiatan membaca. Karena membaca adalah kunci pokok didalam belajar, yang terpenting adalah bagaimana mengupayakan membaca dan menulis menjadi suatu kegemaran. Budaya membaca perlu dikembangkan karena mempelajari sesuatu dengan membaca lebih dalam pengalamannya dari pada mendengarkan informasi.
Dapat dikatakan bahwa membaca merupakan kegiatan manusia untuk mengembangkan jiwanya. Apabila telah terampil dalam membaca mereka dapat memperoleh pengalaman, pengetahuan, membentuk pengertian, mengembangkan daya pikir dan imajinasi, serta dapat membentuk sikap hidup yang baik, sebagai warga Negara yang berguna bagi masyarakat dan negaranya (Supriadi, dkk, 1995). Kenyataan di lapangan membuktikan bahwa minat membaca sangat menurun (rendah), yang implikasinya terhadap prestasi belajar keterampilan berbahasa Indonesia juga rendah (Hasil belajar siswa rendah).
Minat adalah kesediaan jiwa yang aktif, untuk menerima pengaruh dari dunia luar diri siswa. Minat bersifat tetap, merupakan motivasi intrinsik. Sedangkan membaca merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang bersifat aktif represif. Suatu kegiatan aktif represif membaca dipandang sebagai suatu proses yang melibatkan berbagai komponen.
Objek penelitian ini adalah di kelas I SDN Sunan Giri Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan Tahun Pelajaran 2009/2010 dengan jumlah siswa kelas I sebanyak 33 orang siswa yang terdiri dari 21 laki-laki dan 12 perempuan.
Hasil penelitian ini didapatkan antara lain (a) hasil prestasi proses belajar tumbuh minat membaca setelah termotivasi minat siklus I dan siklus II, refleksi dan rekomendasi mencapai nilai rata-rata siklus I (83,2%) dan siklus II (92,2 %) berarti ada peningkatan sebesar (9 %), dan (b) hasil belajar siklus I dan siklus II, refleksi dan rekomendasi rata-rata memperoleh pada siklus I (79,14 %) dan siklus II % (88,48%) berarti ada peningkatan sebesar (9,34 %).
Saran-saran yang muncul setelah penelitian adalah (a) agar keterempilan berbahasa Indonesia meningkat, siswa harus memiliki minat yang tinggi dalam prosses pembelajaran, dan (b) agar hasil belajar siswa bias meningkat secara optimal hendaknya guru menumbuhkan minat siswa dengan perbaikan dan penyempurnaan proses pembelajaran.



Bagi yang berminat dengan Filenya,  Monggo Dipites Nggih...


Instagram

No comments: