ABSTRAK
Abdillah, M. Rifa’i. 2012. Penerapan Metode Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengubah Puisi Ke Dalam Bentuk Prosa pada
siswa kelas VI A UPT SDN Sunan Giri
Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan Tahun Pelajaran 2012/2013
Kata Kunci: Numbered Heads Together (NHT),
puisi, prosa
Aspek keterampilan berbahasa Indonesia
ada empat macam di antaranya adalah membaca, menulis, berbicara, dan menyimak.
Pembelajaran aspek keterampilan menulis pada jenjang pendidikan SD terdiri dari
beberapa materi pembelajaran, di antaranya adalah materi mengubah puisi ke
dalam bentuk prosa. Materi menulis prosa dari puisi ini membutuhkan suatu
kejelihan dalam mengungkapkan arti tiap kata.
Peneliti menemukan rendahnya kemampuan siswa kelas VI A UPT SDN Sunan Giri Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan pada materi mengubah puisi dalam bentuk prosa karena siswa kurang begitu mengerti dengan penggunaan puisi dan tidak pernah menggunakan puisi untuk sehari-sehari.
Peneliti menemukan rendahnya kemampuan siswa kelas VI A UPT SDN Sunan Giri Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan pada materi mengubah puisi dalam bentuk prosa karena siswa kurang begitu mengerti dengan penggunaan puisi dan tidak pernah menggunakan puisi untuk sehari-sehari.
Dengan demikian perlu kiranya ada suatu
metode yang mendukung dalam proses belajar mengajar tersebut. Peneliti memilih
metode Numbered Head Together (NHT) atau penomoran berpikir bersama.
Alasan penulis menggunakan metode Numbered Heads Together (NHT)
karena penulis melihat bahwa selama ini belum pernah dilakukan pembelajaran
menggunakan metode NHT pada materi mengubah puisi ke dalam bentuk prosa.
Puisi adalah karya sastra yang dibangun
dari unsur makna yang tertuang dalam kata-kata. Sedangkan prosa adalah suatu jenis tulisan yang dibedakan dengan puisi karena variasi ritme yang dimilikinya lebih besar, serta
bahasanya yang lebih sesuai dengan arti leksikalnya. Memparafrase puisi adalah
mengubah puisi menjadi bentuk prosa yang tunduk pada aturan-aturan puisi diubah
menjadi prosa yang tunduk pada aturan-aturan prosa tanpa mengubah isi puisi
tersebut.
Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas
VI A UPT SDN Sunan Giri Kecamatan
Rejoso Kabupaten Pasuruan. Penelitian ini dilaksanakan pada
semester ganjil pada tahun pelajaran 2012/2013.
Kesimpulan penelitian
ini adalah (a) Model Numbered
Heads Together (NHT) dapat
meningkatkan aktivitas belajar siswa Kelas VI A UPT SDN Sunan Giri dengan perolehan rata-rata aktivitas siklus I = 2,91 dan siklus II = 3,70, dan (b) Model Numbered Heads
Together (NHT) dapat meningkatkan
hasil belajar belajar siswa Kelas VI A UPT SDN Sunan Giri dengan ditunjukkan
pada siklus I mencapai 58,62%, dan siklus II mencapai 93,10%.
Saran-saran
penelitian ini adalah (a) Guru
kelas VI sebaiknya memanfaatkan media pembelajaran, dan metode pembelajaran
yang tepat, (b) Kepala sekolah dan pengawas dapat mensosialisasikan dan
menghimbau kepada para guru untuk melakukan kegiatan serupa, dan (c) Kepala
dinas pendidikan kota hendaknya memfasilitasi untuk desiminasi hasil perbaikan
pembelajaran ini dan memberikan pelatihan.Bagi yang berminat dengan Filenya, Monggo Dipenyet Nggih...
No comments:
Post a Comment