Wahana Cinta untuk Berbagi Ilmu dan Karangan Hasil Penelitian atau Studi Kasus Masalah-Masalah dalam Pembahasan Makalah, Artikel, Skripsi, Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS)

Tuesday 12 April 2016

PTK Bahasa Indonesia Metode Kooperatif NHT Mengubah Puisi ke Bentuk Prosa Kelas VI SD

ABSTRAK

Abdillah, M. Rifa’i.   2012. Penerapan Metode Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengubah Puisi Ke Dalam Bentuk Prosa pada siswa kelas VI A UPT SDN Sunan Giri Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan Tahun Pelajaran 2012/2013

Kata Kunci: Numbered Heads Together (NHT), puisi, prosa

Aspek keterampilan berbahasa Indonesia ada empat macam di antaranya adalah membaca, menulis, berbicara, dan menyimak. Pembelajaran aspek keterampilan menulis pada jenjang pendidikan SD terdiri dari beberapa materi pembelajaran, di antaranya adalah materi mengubah puisi ke dalam bentuk prosa. Materi menulis prosa dari puisi ini membutuhkan suatu kejelihan dalam mengungkapkan arti tiap kata.
Peneliti menemukan rendahnya kemampuan siswa kelas VI A UPT SDN Sunan Giri Kecamatan Rejoso Kabupaten  Pasuruan pada materi mengubah puisi dalam bentuk prosa karena siswa kurang begitu mengerti dengan penggunaan puisi dan tidak pernah menggunakan puisi untuk sehari-sehari.
Dengan demikian perlu kiranya ada suatu metode yang mendukung dalam proses belajar mengajar tersebut. Peneliti memilih metode Numbered Head Together (NHT) atau penomoran berpikir bersama. Alasan penulis menggunakan metode Numbered Heads Together (NHT) karena penulis melihat bahwa selama ini belum pernah dilakukan pembelajaran menggunakan metode NHT pada materi mengubah puisi ke dalam bentuk prosa. 
Puisi adalah karya sastra yang dibangun dari unsur makna yang tertuang dalam kata-kata. Sedangkan prosa adalah suatu jenis tulisan yang dibedakan dengan puisi karena variasi ritme yang dimilikinya lebih besar, serta bahasanya yang lebih sesuai dengan arti leksikalnya. Memparafrase puisi adalah mengubah puisi menjadi bentuk prosa yang tunduk pada aturan-aturan puisi diubah menjadi prosa yang tunduk pada aturan-aturan prosa tanpa mengubah isi puisi tersebut.
Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas VI A UPT SDN Sunan Giri Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil pada tahun pelajaran 2012/2013.
Kesimpulan penelitian ini adalah (a) Model Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa Kelas VI A UPT SDN Sunan Giri dengan perolehan rata-rata aktivitas siklus I = 2,91 dan siklus II = 3,70, dan (b) Model Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar belajar siswa Kelas VI A UPT SDN Sunan Giri dengan ditunjukkan pada siklus I mencapai 58,62%, dan siklus II mencapai 93,10%.
Saran-saran penelitian ini adalah (a) Guru kelas VI sebaiknya memanfaatkan media pembelajaran, dan metode pembelajaran yang tepat, (b) Kepala sekolah dan pengawas dapat mensosialisasikan dan menghimbau kepada para guru untuk melakukan kegiatan serupa, dan (c) Kepala dinas pendidikan kota hendaknya memfasilitasi untuk desiminasi hasil perbaikan pembelajaran ini dan memberikan pelatihan.


Bagi yang berminat dengan Filenya,  Monggo Dipenyet Nggih...

No comments: