ABSTRAK
Abdillah, M. Rifa’i. 2013. Upaya Meningkatkan Kemampuan
Membaca Memindai Melalui Penggunaan Media Koran Pada Siswa Kelas V B UPT SDN Sunan Giri Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan Tahun Pelajaran 2012/2013
Kata Kunci: membaca memindai, media koran
Guru yang profesional harus memiliki
sejumlah kompetensi. Kompetensi yang dimaksud adalah sebagai berikut, yaitu:
“kompetensi professional” artinya memiliki pengetahuan yang kuat, “kompetensi
personal” artinya memiliki sikap kepribadian yang mantap, “kompetensi sosial”
artinya menunjukkan kemampuan berkomunikasi sosial baik dengan murid-muridnya
maupun dengan sesama rekan guru dan kepala sekolah bahkan dengan masyarakat
luas, serta “kemampuan untuk memberikan pelayanan.
Dalam pelaksanaan pembelajaran seringkali
guru dihadapkan dengan berbagai permasalahan. Masalah yang paling utama adalah
masalah pembelajaran, dimana perolehan hasil belajar siswa di akhir
pembelajaran tidak sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah direncanakan di
awal pembelajaran.
Membaca adalah suatu
proses yang kompleks
dan rumit. Kegiatan membaca meliputi tiga keterampilan dasar yaitu recording, decoding, dan meaning. Membaca
memindai (scanning) ialah membaca
sangat cepat, membaca cepat artinya membaca yang mengutamakan kecepatan
dengan
tidak
mengabaikan pemahamannya. Koran atau surat kabar
adalah suatu penerbitan yang ringan dan mudah dibuang, biasanya dicetak pada
kertas berbiaya rendah yang disebut kertas koran, yang berisi berita-berita terkini dalam berbagai topik.
Subyek
penelitian adalah siswa-siswi kelas V B UPT SDN Sunan Giri Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan yang berjumlah 29 siswa dengan perincian 14 laki-laki dan 15 perempuan. Waktu pelaksanaan penelitian
dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2012/2013 dimulai tanggal 1 Maret
2013 sampai dengan 14 Maret 2013.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu
(a) Cara meningkatkan kemampuan membaca memindai siswa kelas V UPT SDN Sunan Giri Kecamatan Rejoso Kabupaten melalui penggunaan media koran
adalah menerapkan langkah-langkah membaca memindai dengan memberikan batasan
waktu yang relatif singkat untuk menemukan sejumlah informasi yang ditanyakan;
dan (b) Kemampuan membaca memindai siswa kelas V UPT SDN Sunan Giri Kecamatan Rejoso Kabupaten dengan penggunaan media Koran
mengalami kenaikan pada tiap siklusnya. Pada siklus I prosentase ketuntasan
belajar siswa mencapai 34,48% dengan nilai rata-rata kelas 63,28 sedangkan pada
siklus II meningkat lagi menjadi 96,55% dengan nilai rata-rata kelas 81,90.
Saran yang ada dalam penelitian ini ialah (a)
proses pelaksanaan pembelajaran tidak boleh terpaku hanya menggunakan buku
sumber yang disediakan disekolah saja, tetapi harus senantiasa menggunakan
media-media yang ada disekitar siswa, (b) Pemanfaatan media pembelajaran yang
ada di sekitar siswa dapat menumbuhkan motivasi dan gairah belajar siswa karena
media pembelajaran memiliki banyak fungsi, sehingga proses belajar-mengajar
lebih efektif yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Bagi yang berminat dengan Filenya, Monggo Dipenyet Nggih...
No comments:
Post a Comment