ABSTRAK
Abdillah, M. Rifa’i. 2012. Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Teknik Skramble Pada Siswa Kelas IV B UPT SDN Sunan Giri Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan Tahun Pelajaran 2011/2012
Kata Kunci: membaca, membaca
pemahaman, teknik skramble
Dalam konteks kehidupan di Indonesia, bahasa Indonesia juga memiliki
kedudukan dan fungsi yang sangat penting, yakni sebagai bahasa negara dan
bahasa nasional. Pembinaan dan pengembangan terhadap bahasa Indonesia harus
dilakukan secara mendalam dan berkesinambungan.Sekolah Dasar yang menjadi
jenjang terbawah harus mampu mengarahkan program pembelajarannya agar siswa
benar-benar menguasai keterampilan-keterampilan dasar yang wajib dimiliki oleh
seorang siswa.
Upaya tersebut merupakan tugas dan tanggung jawab seorang guru sebagai tenaga pendidik profesional.Pembinaan dan pengembangan keterampilan berbahasa yang berawal di kelas rendah tentunya akan terus berlanjut. Di kelas lanjut dan kelas tinggi fungsi dari keterampilan berbahasa tersebut akan semakin kompleks.
Upaya tersebut merupakan tugas dan tanggung jawab seorang guru sebagai tenaga pendidik profesional.Pembinaan dan pengembangan keterampilan berbahasa yang berawal di kelas rendah tentunya akan terus berlanjut. Di kelas lanjut dan kelas tinggi fungsi dari keterampilan berbahasa tersebut akan semakin kompleks.
Membaca merupakan keterampilan berbahasa yang berhubungan dengan
keterampilan berbahasa yang lain. Membaca pemahaman merupakan sejenis membaca
yang bertujuan untuk memahami standar-standar atau norma-norma kesastraan,
resensi kritis, drama tulis, serta pola-pola fiksi.Teknik “skramble” biasanya
dipakai oleh anak-anak sebagai permainan yang pada dasarnya merupakan latihan
pengembangan dan peningkatan wawasan pemilikan kosakata-kosakata dan
huruf-huruf yang tersedia.Pembelajaran membaca pemahaman dengan teknik skramble
skramble adalah salah satu permainan bahasa yang pada hakikatnya merupakan
suatu aktivitas untuk memperoleh keterampilan tertentu dengan cara yang
menggembirakan
Subjek penelitian adalah siswa kelas IV B UPT SDN Sunan Giri
Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan Tahun Pelajaran 2011/2012.Jumlah siswa 34
siswa, dengan rincian sebagai siswa putra 23 siswa dan siswa putri 11
siswa.Waktu penelitian dilaksanakan pada semester II.
Kesimpulan penelitian ini adalah (1) dalam pelaksanaan perbaikan
pembelajaran membaca pemahaman Bahasa Indonesia yaitu menggunakan media teks
bacaan yang dikacaukan. Kemudian tugas siswa menyusun kata-kata dengan tingkat
pemahaman siswa melalui teknik scramble; dan (2) peningkatan kemampuan membaca
pemahaman melalui teknik scramble ternyata mengalami peningkatan pada tiap
siklusnya, yaitu: (a) siklus I : nilai rata-rata 76,32 dan ketuntasan klasikal
70,59 %; dan (b) siklus II : nilai rata-rata 89,85 dan ketuntasan klasikal 94%.
Saran-saran yang ada dalam penelitian ini adalah (a) Perincian waktu
penelitian hendaknya diperhatikan karena sangat berpengaruh pada pelaksanaan
dan hasil penelitian; (b) Dalam pelaksanaannya juga dimungkinkan adanya
modifikasi prosedur kerja dengan tidak merubah konsep dari pelaksanaan teknik
skramble itu sendiri; dan (c) Guru hendaknya memperhatikan respon siswa dalam
mengikuti pembelajaran karena salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi
belajar adalah minat siswa dalam mengikuti pembelajaran tersebut.
Bagi yang berminat dengan Filenya, Monggo Dipites Nggih...
Bagi yang berminat dengan Filenya, Monggo Dipites Nggih...
No comments:
Post a Comment