Wahana Cinta untuk Berbagi Ilmu dan Karangan Hasil Penelitian atau Studi Kasus Masalah-Masalah dalam Pembahasan Makalah, Artikel, Skripsi, Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS)

Saturday 9 April 2016

PTK Bahasa Indonesia Peningkatan Membaca Pemahaman Melalui Media Teknik Skramble Kelas IV SD

ABSTRAK


Abdillah, M. Rifa’i. 2012. Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Teknik Skramble Pada Siswa Kelas IV B UPT SDN Sunan Giri Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan Tahun Pelajaran 2011/2012
Kata Kunci: membaca, membaca pemahaman, teknik skramble

Dalam konteks kehidupan di Indonesia, bahasa Indonesia juga memiliki kedudukan dan fungsi yang sangat penting, yakni sebagai bahasa negara dan bahasa nasional. Pembinaan dan pengembangan terhadap bahasa Indonesia harus dilakukan secara mendalam dan berkesinambungan.Sekolah Dasar yang menjadi jenjang terbawah harus mampu mengarahkan program pembelajarannya agar siswa benar-benar menguasai keterampilan-keterampilan dasar yang wajib dimiliki oleh seorang siswa.
Upaya tersebut merupakan tugas dan tanggung jawab seorang guru sebagai tenaga pendidik profesional.Pembinaan dan pengembangan keterampilan berbahasa yang berawal di kelas rendah tentunya akan terus berlanjut. Di kelas lanjut dan kelas tinggi fungsi dari keterampilan berbahasa tersebut akan semakin kompleks.
Membaca merupakan keterampilan berbahasa yang berhubungan dengan keterampilan berbahasa yang lain. Membaca pemahaman merupakan sejenis membaca yang bertujuan untuk memahami standar-standar atau norma-norma kesastraan, resensi kritis, drama tulis, serta pola-pola fiksi.Teknik “skramble” biasanya dipakai oleh anak-anak sebagai permainan yang pada dasarnya merupakan latihan pengembangan dan peningkatan wawasan pemilikan kosakata-kosakata dan huruf-huruf yang tersedia.Pembelajaran membaca pemahaman dengan teknik skramble skramble adalah salah satu permainan bahasa yang pada hakikatnya merupakan suatu aktivitas untuk memperoleh keterampilan tertentu dengan cara yang menggembirakan
Subjek penelitian adalah siswa kelas IV B UPT SDN Sunan Giri Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan Tahun Pelajaran 2011/2012.Jumlah siswa 34 siswa, dengan rincian sebagai siswa putra 23 siswa dan siswa putri 11 siswa.Waktu penelitian dilaksanakan pada semester II.
Kesimpulan penelitian ini adalah (1) dalam pelaksanaan perbaikan pembelajaran membaca pemahaman Bahasa Indonesia yaitu menggunakan media teks bacaan yang dikacaukan. Kemudian tugas siswa menyusun kata-kata dengan tingkat pemahaman siswa melalui teknik scramble; dan (2) peningkatan kemampuan membaca pemahaman melalui teknik scramble ternyata mengalami peningkatan pada tiap siklusnya, yaitu: (a) siklus I : nilai rata-rata 76,32 dan ketuntasan klasikal 70,59 %; dan (b) siklus II : nilai rata-rata 89,85 dan ketuntasan klasikal 94%.

Saran-saran yang ada dalam penelitian ini adalah (a) Perincian waktu penelitian hendaknya diperhatikan karena sangat berpengaruh pada pelaksanaan dan hasil penelitian; (b) Dalam pelaksanaannya juga dimungkinkan adanya modifikasi prosedur kerja dengan tidak merubah konsep dari pelaksanaan teknik skramble itu sendiri; dan (c) Guru hendaknya memperhatikan respon siswa dalam mengikuti pembelajaran karena salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi belajar adalah minat siswa dalam mengikuti pembelajaran tersebut.


Bagi yang berminat dengan Filenya,  Monggo Dipites Nggih...

No comments: