ABSTRAK
Abdillah, M. Rifa’i. 2012. Upaya Peningkatan
Kreatifitas Berfikir Siswa Dengan Menggunakan Teknik Cloze (Dilition) Pada
Pembelajaran Puisi Mata Pelajaran Bahasa Indanesia Di Kelas VI B UPT. SDN Sunan Giri
Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan
Tahun Pelajaran 2011/2012
Kata Kunci: Kreatifitas berpikir, teknik cloze
(dilition), puisi
Bahasa Indonesia
merupakan mata pelajaran yang diberikan pada semua jenjang pendidikan formal,
baik di tingkat pendidikan dasar atau menengah. Pembelajaran Bahasa Indonesia
mengupayakan peningkatan kemampuan siswa untuk berkomunikasi secara lisan dan
tertulis serta menghargai karya cipta bangsa Indonesia.
Puisi
merupakan suatu karya sastra yang dilupakan secara sepontan dengan
mempergunakan imajinasi sebagai pembantu akal pikiran, maka dalam penyajian
puisi pada siswa hendaknya menggunakan suatau cara atau teknik yang tepat agar
siswa dapat berimajinasi seperti yang dilakukan oleh pengarang. Salah satu
teknik atau cara yang dapat meningkatkan daya imajinasi siswa terhadap puisi
adalah degan menggunakan teknik cloze (dilition) atau kelesapan, artinya
menghilangkan atau melepaskan sebuah (atau lebih ) kata pada larik /baris
puisi.
Teknik Cloze
(Dilition) atau kelesapan adalah suatau cara penyajian puisi dengan
menghilangkan atau melepaskan sebuah (atau lebih) kata laris/baris puisi.
Belajar merupakan bagian terpenting dalam keseluruhan proses pendidikan di
sekolah, sehubungan dengan itu maka para ahli pendidikan dan ahli psikologi
berusaha menyelidiki secara mendalam tentang masalah tersebut. Puisi yaitu
mengekspresikan pikiran yang membangkitkan perasaan, yang merangsang imajinasi
panca indra dalam suasana yang berirama.
Subyek
penelitian adalah siswa kelas VI B UPT
SDN Sunan Giri Kecamatan Rejoso
Kabupaten Pasuruan Tahun Pelajaran 2011/2012. Penelitian ini
dilaksanakan pada bulan Maret 2012 Semester II di kelas VI B UPT. SDN Sunan Giri Kecamatan Rejoso Kabupaten.
Kesimpulan dari
penelitian ini adalah (a) Pembelajaran puisi dengan menggunakan teknik cloze dapat
meningkatkan aktivitas siswa Kelas VI B UPT. SDN Sunan Giri Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan Tahun
Pelajaran 2011/2012, (b) Penggunaan teknik cloze dalam pembelajaran puisi dapat
meningkatkan prestasi siswa Kelas VI B
UPT. SDN Sunan Giri Kecamatan Rejoso
Kabupaten Pasuruan Tahun Pelajaran 2011/2012. Hal ini dapat
dibuktikan dengan meningkatnya nilai rata-rata dan ketuntasan belajar siswa
yaitu Siklus I nilai rata-rata 65,53 dan ketuntasan belajar (67%), Siklus II
nilai rata-rata 76,58 dan ketuntasan belajar (63%) dan Siklus III nilai
rata-rata 87,37 dan hasil belajar (89%).
Saran yang dapat
penulis kemukakan dari penelitian ini adalah bagi para pengajar / guru dalam
pembelajaran puisi hendaknya menggunakan teknik cloze (dilition) atau
kelesapan karena teknik ini dapat mendorong siswa dalam proses berimajinasi
terhadap puisi juga dapat meningkatkan kreativitas berfikir.Bagi yang berminat dengan Filenya, Monggo Dipenyet Nggih...
No comments:
Post a Comment