ABSTRAK
Abdillah, M. Rifa’i. 2014 Upaya Meningkatkan Pembelajaran Keterampilan Menulis
Puisi Melalui Pemanfaatan Media
Kartu Kata Pada Siswa Kelas V SDN Sunan Giri
Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan Tahun Pelajaran 2013/2014
Kata Kunci : media, kartu kata,
keterampilan, menulis puisi
Menulis merupakan salah satu
keterampilan dalam berbahasa. Melalui keterampilan menulis siswa dapat
mengkomunikasikan gagasan, penghayatan dan pengalamannya ke dalam bentuk
tulisan. Keterampilan menulis tidak akan datang secara otomatis. Akan tetapi,
keterampilam itu akan datang melalui latihan dan praktek yang banyak dan
teratur.
Menulis adalah kemampuan seseorang untuk
mengungkapakan ide, pikiran, pengetahuan, ilmu, dan pengalaman-pengalaman
hidupnya dalam bahasa tulis yang runtut, enak dibaca, dan dapat dipahami oleh
pembaca. Akhadiah (2002:2) mengungkapkan bahwa menulis berarti mengorganisasikan
ide secara sistematis serta mengungkapkannya secara tersurat. Menulis Puisi adalah kegiatan imajinatif yang dialami
penulis berdasarkan pengalaman-pengalamannya, baik dari diri sendiri maupun
dari orang lain. Puisi terdiri dua unsur yaitu unsur fisik dan unsur batin.
Unsur fisik puisi meliputi (a) diksi, (b) citraan, (c) kata-kata konkret, (d)
bahasa kias/ majas/ symbol, dan (e) rima dan irama, sedangkan unsur batin
puisi terdiri dari (a) rasa, (b) nada, (c) amanat, dan (d) tema.
Penggunaan media kartu kata sebagai media pembelajaran dapat merangsang
anak untuk berperan aktif, membangkitkan motivasi belajar dan membantu
mempermudah siswa dalam menulis puisi. Kartu kata
dalam penelitian ini adalah kartu yang berisi kata-kata atau kelompok kata
dengan urutan tertentu sehingga membantu siswa mengembangkan gagasan hingga
tercipta sebuah puisi.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas V SDN Sunan
Giri Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan Tahun Pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 17 siswa. Waktu
penelitian dilaksanakan pada semester genap.
Keterampilan menulis puisi terbukti meningkat
dari kondisi awal, siklus I dan Siklus II dengan hasil
sebagai berikut: (1) nilai rata-rata hasil belajar siswa yang
dicapai yaitu di siklus I = 70 dan siklus II = 79, (2) pada siklus
I yang mencapai nilai ketuntasan minimal ada 9 dari 17 siswa atau mencapai 53%, yang tidak tuntas ada 8 siswa dari 17 siswa atau mencapai 47%, pada siklus II siswa yang mencapai nilai ketuntasan
minimal ada 16 siswa atau
mencapai 94%, yang tidak
tuntas ada 1 siswa dari 17 siswa atau mencapai 6%, (3) penggunaan kartu kata sebagai media pembelajaran
berdampak positif meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran menulis puisi,
hal ini ditunjukkan dengan hasil wawancara yang menyatakan bahwa dengan bantuan
kartu kata siswa merasa senang, terbantu, dan terdorong ntuk menulis puisi.
Saran-saran yang
muncul dalam penelitian ini adalah (a) dalam pembelajaran menulis kreatif
terutama menulis puisi hendaknya siswa diajak untuk mengetahui dan
memahami secara luas tentang puisi dan
unsur-unsurnya, dan (b) dalam pembelajaran puisi diperlukan media yang dapat
memotivasi dan mengembangkan keterampilan menulis puisi siswa.
Bagi yang berminat dengan Filenya, Monggo Dipenyet Nggih...
Bagi yang berminat dengan Filenya, Monggo Dipenyet Nggih...
No comments:
Post a Comment