Wahana Cinta untuk Berbagi Ilmu dan Karangan Hasil Penelitian atau Studi Kasus Masalah-Masalah dalam Pembahasan Makalah, Artikel, Skripsi, Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS)

Tuesday 12 April 2016

PTK Bahasa Indonesia Peningkatan Menulis Puisi Melalui Pemanfaatan Media Kartu Kelas V SD

ABSTRAK

Abdillah, M. Rifa’i. 2014 Upaya Meningkatkan Pembelajaran Keterampilan Menulis Puisi Melalui Pemanfaatan Media Kartu Kata Pada Siswa Kelas V SDN Sunan Giri Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan Tahun Pelajaran 2013/2014

Kata Kunci : media, kartu kata, keterampilan, menulis puisi

Menulis merupakan salah satu keterampilan dalam berbahasa. Melalui keterampilan menulis siswa dapat mengkomunikasikan gagasan, penghayatan dan pengalamannya ke dalam bentuk tulisan. Keterampilan menulis tidak akan datang secara otomatis. Akan tetapi, keterampilam itu akan datang melalui latihan dan praktek yang banyak dan teratur.
Menulis adalah kemampuan seseorang untuk mengungkapakan ide, pikiran, pengetahuan, ilmu, dan pengalaman-pengalaman hidupnya dalam bahasa tulis yang runtut, enak dibaca, dan dapat dipahami oleh pembaca. Akhadiah (2002:2) mengungkapkan bahwa menulis berarti mengorganisasikan ide secara sistematis serta mengungkapkannya secara tersurat. Menulis Puisi adalah kegiatan imajinatif yang dialami penulis berdasarkan pengalaman-pengalamannya, baik dari diri sendiri maupun dari orang lain. Puisi terdiri dua unsur yaitu unsur fisik dan unsur batin. Unsur fisik puisi meliputi (a) diksi, (b) citraan, (c) kata-kata konkret, (d) bahasa kias/ majas/ symbol, dan (e) rima dan irama, sedangkan  unsur  batin puisi terdiri dari (a) rasa, (b) nada, (c) amanat, dan (d) tema.
Penggunaan media kartu kata sebagai media pembelajaran dapat merangsang anak untuk berperan aktif, membangkitkan motivasi belajar dan membantu mempermudah siswa dalam menulis puisi. Kartu kata dalam penelitian ini adalah kartu yang berisi kata-kata atau kelompok kata dengan urutan tertentu sehingga membantu siswa mengembangkan gagasan hingga tercipta sebuah puisi.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas V SDN Sunan Giri Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan Tahun Pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 17 siswa. Waktu penelitian dilaksanakan pada  semester genap.
  Keterampilan menulis puisi terbukti meningkat dari kondisi awal, siklus I dan Siklus II dengan hasil  sebagai berikut: (1)  nilai rata-rata hasil belajar siswa yang dicapai  yaitu di siklus I = 70 dan siklus II = 79,  (2) pada siklus I yang mencapai nilai ketuntasan minimal ada 9 dari 17 siswa atau mencapai 53%,  yang tidak tuntas ada 8 siswa dari 17 siswa atau mencapai 47%, pada siklus II siswa yang mencapai nilai ketuntasan minimal ada 16 siswa atau mencapai 94%, yang tidak tuntas ada 1 siswa dari 17 siswa atau mencapai 6%, (3) penggunaan kartu kata sebagai media pembelajaran berdampak positif meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran menulis puisi, hal ini ditunjukkan dengan hasil wawancara yang menyatakan bahwa dengan bantuan kartu kata siswa merasa senang, terbantu, dan terdorong ntuk menulis puisi.

Saran-saran yang muncul dalam penelitian ini adalah (a) dalam pembelajaran menulis kreatif terutama menulis puisi hendaknya siswa diajak untuk mengetahui dan memahami  secara luas tentang puisi dan unsur-unsurnya, dan (b) dalam pembelajaran puisi diperlukan media yang dapat memotivasi dan mengembangkan keterampilan menulis puisi siswa.


Bagi yang berminat dengan Filenya,  Monggo Dipenyet Nggih...

No comments: